DESA PUNGGUNG LADING DALAM ANGKA 2022 (DESA CINTA STATISTIK)

  • Nov 10, 2022
  • Webadmin Punggung Lading
  • BERITA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN

Penjelasan Umum Pendataan Desa Cantik 2022

 

Pada tanggal 26 September (Hari Statistik Nasional) sembari memperingati Hari Statistik Nasional Desa Punggung Lading launching serta penyerahan publikasi Desa Punggung lading dalan angka.BPS sebagai pembina data statistik mempunyai tugas dalam pembinaan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (Perpres No.39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia).

BPS mendesain quick win mandiri dalam rangka percepatan implementasi pembinaan statistik sektoral Implementasi Desa Cantik sebagai sarana dalam penguatan kelembagaan BPS (PermenpanRB No.25 Tahun 2020 Tentang Roadmap Reformasi Birokrasi 2020-2024).

Program Desa Cantik tahun 2022 secara khusus bertujuan untuk, meningkatkan kapasitas desa/Desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan. Program Desa Cantik yang dirancang oleh BPS secara umum bertujuan untuk (1) Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/Desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik; (2) Standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik; (3) Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/Desa tepat sasaran; (4) Membentuk agen-agen statistik pada level desa/Desa. Perlunya pemanfaatan data melalui sistem informasi desa dalam proses pembangunan desa yang lebih baik (UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa).

 

Pembinaan statistik kepada desa/Desa disesuaikan dengan proses bisnis penyelenggaraan statistik dasar. Secara khusus, pembinaan statistik dilakukan pada hal-hal yang terkait dengan: (1) Pemberian wawasan tentang pembangunan desa untuk pengentasan kemiskinan; (2) Mengidentifikasi Jumlah sarana, prasarana dan potensi yang ada di desa/ Desa baik dari sisi lokasi geografis, aset (fisik, finansial, dan modal sosial) dan infrastruktur; (3) Pemetaan pemanfaatan data untuk kebutuhan pembangunan desa memanfaatkan dana desa; (4) Mengidentifikasi kebutuhan data yang bersesuaian untuk sasaran pembangunan desa, pengentasan kemiskinan, peningkatan produktivitas, dll

 

Output yang diiharapkan dari Pembinaan desa cantik adalah sebagai berikut (1) Sertifikasi penyelenggara statistik level desa; (2) Tersedianya rancangan data pada tingkat desa yang lebih sistematik dan tepat guna untuk penggunaan dana desa yang efektif dan efisisen

 

Outcome yang diharapkan dari pembinaan desa cantik adalah sebagai berikut.      (1) Manajemen data yang baik; (2) Tingkat kesadaran statistik yang tinggi;  (3) Berkurangnya kemiskinan di desa/Desa melalui program yang dibangun desa; (4) Perubahan status desa ke tingkat yang lebih baik. Sehingga nantinya desa/ Desa cantik yang dibina dapat menjadi acuan pemerintah daerah dalam merencanakan dan mengevaluasi pembangunan regional/kewilayahan pada level desa/Desa.

Pendataan Desa Cantik 2022 dilaksanakan di desa/Desa yang telah ditunjuk oleh BPS RI sebagai Desa Cantik 2022. Pendataan rumah tangga dilakukan di seluruh rumah tangga yang berada di desa/Desa yang telah ditetapkan sebagai desa cantik 2022.

 

Instrumen Pendataan Desa Cantik 2022 yang digunakan sebanyak tiga jenis kuesioner, yaitu kuesioner DESCAN22.C1 (kuesioner untuk mendata desa), (kuesioner untuk mendata rumah tangga), dan kuesioner DESCAN22.RC2 kuesioner DESCAN22.C2 (rekap dokumen DESCAN22.C2). Terdapat juga buku pedoman petugas pendataan lapangan Desa Cantik 2022 dan Peta. Sementara itu, referansi waktu pendataan merujuk pada periode pencacahan, yaitu tahun 2022 mencakup periode waktu saat pendataan, seminggu terakhir dan setahun terakhir.

 

Pada pendataan Desa Cantik 2022 dilakukan wawancara langsung oleh petugas terlatih dengan narasumber yang relevan di wilayah pencacahan. Petugas wawancara untuk kuesioner DESCAN22.C1 adalah operator data yang ditunjuk oleh aparat desa/Desa. Sedangkan petugas wawancara kuesioner DESCAN22.C2 dan DESCAN.RC2 adalah agen data yang ditunjuk oleh aparat desa/Desa. 

 

Pengolahan hasil pendataan Desa Cantik 2022 dilaksanakan oleh operator data di desa/Desa yang telah dilatih oleh Tim Desa Cantik BPS Kabupaten/Kota. Masing-masing desa/Desa memiliki 1 operator data.

 

Diseminasi hasil pendataan Desa Cantik 2022 berupa data mikro desa/Desa, publikasi dan infografis.

http://punggunglading.desa.id/download