KUNJUNGAN MAHASISWA MBKM UNAND KE LOKASI PETERNAKAN GALO-GALO WARGA DESA PUNGGUNG LADING BERSAMA KEPALA DUSUN SAMPAN DESA PUNGGUNG LADING, RABU 22 MARET 2023

  • Jun 06, 2023
  • Webadmin Punggung Lading
  • BERITA, POTENSI DESA, PRODUK DESA

Selain melakukan pekerjaan pokok,masyarakat di Desa Punggung Lading juga memiliki usaha sampingan sebagai peternak,salah satunya beternak galo-galo. Galo-galo adalah lebah madu tanpa sengat yang dapat dioptimalkan sebagai penghasil madu dan propolis untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pembudidayaan galo-galo tergolong lebih mudah dibandingkan dengan lebah madu yang bersengat. Peternak galo-galo di Desa Punggung Lading memelihara galo-galo dengan menggunakan stup(peti lebah). Stup memberikan keuntungan yang lebih, kerena pemeliharaan lebah madu dalam peti akan mempermudah pengelolaan dan pemanenan. Galo-galo meghasilkan madu dengan mengkonsumsi nektar dari bunga,dan memproduksi propolis dari mengkonsumsi getah serta memproduksi polen dari serbuk sari bunga.

Kenyataannya belum banyak masyarakat menyadari manfaat dari madu galo-galo. Dan sayangnya kondisi lahan para peternak madu galo-galo di Desa Punggung Lading masih kurang memadai,dimana stup atau peti galo-galo digantungkan di samping rumah peternak dan galo-galo dibiarkan menghisap nektar dari tanaman bebas,Rabu(22/3).