Lokakarya Mini KKN PPM UNAND 2023 Sukses Dilaksanakan di Desa Punggung Lading, Sumatera Barat

  • Aug 02, 2023
  • Webadmin Punggung Lading

Pada hari Jum'at, tanggal 21 juli 2023, di kantor Desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat, dilaksanakan acara lokakarya mini sebagai bagian terpenting dari KKN PPM UNAND 2023. Acara ini menjadi momen penting untuk mempresentasikan tiga program kerja utama yang akan direalisasikan di Desa tersebut.

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, lokakarya mini dihadirkan oleh para mahasiswa KKN dari berbagai disiplin ilmu. Program kerja tersebut meliputi bidang kesehatan, sosial masyarakat (SOSMAS), dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Setiap program memiliki penanggung jawab yang merupakan mahasiswa dari jurusan terkait.

Putri Faza Fadillah, mahasiswa Pendidikan Dokter, menjadi penanggung jawab untuk program Kesehatan. Dalam presentasinya, ia menyampaikan rencana untuk meningkatkan pelayanan kesehatan desa , Edukasi PHBS, Pencegahan Anemia Untuk Pencegahan Stunting serta Skrining Hipertensi, Diabetes, Kolesterol.

Suci Nabila, mahasiswa Ilmu Komunikasi, bertanggung jawab atas program SOSMAS. Presentasinya menyoroti upaya yang akan dilakukan untuk memperkuat solidaritas sosial dalam masyarakat desa. Rencananya termasuk pelatihan keterampilan minat dan bakat anak, Pojok Baca Desa serta program yang akan memberdayakan masyarakat.

Sementara itu, M. Zaim Milzam, mahasiswa Sistem Informatika, menjadi penanggung jawab program IPTEK. Ia memaparkan rencana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi administrasi desa, pelayanan publik, dan akses informasi bagi masyarakat serta dalam bidang pertanian dalam meningkatkan efisiensi tanaman keluarga.

Selain para mahasiswa KKN, lokakarya mini juga dihadiri oleh tamu undangan yang sangat penting, termasuk Kepala Desa Punggung Lading, Aulia Mardhi Arif S.Kom, dan  Dr. Susila Bahri, M.Sc, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN PPM UNAND Desa Punggung Lading 2023. Tokoh masyarakat, Ketua BPD, LPM, Karang Taruna, Bidan Desa, Serta masyarakat desa turut hadir dalam acara tersebut.

Hamzahas, mahasiswa Ilmu Ekonomi, sebagai ketua KKN PPM UNAND Desa Punggung Lading 2023, menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang telah menjadikan lokakarya mini ini sukses. Ia berharap bahwa program kerja yang telah dipaparkan dapat berdampak positif dan membawa perubahan nyata bagi masyarakat Desa Punggung Lading. Semangat Kolaborasi dan dedikasi seluruh peserta diharapkan dapat terus membara untuk mencapai hasil yang gemilang dalam KKN PPM UNAND 2023.