Memperkuat Basis Pendidikan : Guru MIN 1 Pariaman Dapat Wawasan Baru Melalui Pelatihan Karya Ilmiah Yang dilakukan oleh Dosen Universitas Andalas

  • Aug 03, 2023
  • Webadmin Punggung Lading

Pariaman, 21/07/2023 - Mahasiswa KKN PPM UNAND dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Menyelenggarakan pelatihan Karya tulis ilmiah yang bertujuan memperkuat basis pendidikan bagi tenaga pengajar MIN 1 PARIAMAN. Dr. Susila Bahri, M.Sc, Selaku pemateri dalam kegiatan ini dan juga sebagai DPL Mahasiswa KKN PPM UNAND 2023 yang berada di Desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Acara berlangsung pada Jum’at 21 juli 2023, pukul 11.00 WIB.

Pelatihan ini diikuti oleh para guru MIN 1 PARIAMAN yang ingin meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Kepala Desa Punggung Lading Aulia Mardhi Arif, S.kom turut hadir dalam acara tersebut dan menunjukkan dukungan pemerintah desa terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Dr. Susila Bahri, M.Sc, sebagai pemateri membawa materi dengan penuh semangat dan pengetahuan mendalam. Para peserta diajak untuk memahami konsep-konsep dalam pembuatan karya tulis ilmiah dengan cara yang mudah serta bagaimana menerapkannya dalam pembuatan karya ilmiah yang relevan dan berdaya guna.

Acara pelatihan juga menjadi momen kolaborasi antara universitas,sekolah dan masyarakat. Mahasiswa KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Andalas tahun 2023 yang bertugas di Desa Punggung Lading turut serta sebagai penyelenggara kegiatan. Dukungan dan kerjasama dari mahasiswa ini mendorong semangat bagi peserta pelatihan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan secara nyata dalam konteks pendidikan di MIN 1 PARIAMAN.

Aulia Mardhi Arif S.kom, Selaku Kepala Desa Punggung Lading, mengapresiasi Universitas Andalas atas pelatihan karya ilmiah untuk para guru MIN 1 PARIAMAN. Ia berharap ilmu yang diperoleh para guru akan menjadi dasar bagi generasi penerus yang cerdas dan berdaya saing. Pembuatan karya tulis ilmiah akan membantu tenaga pengajar menggali pengetahuan, mengembangkan keterampilan penelitian, dan mendorong inovasi dalam pendidikan. Diharapkan, melalui kolaborasi ini, pendidikan di daerah semakin berkualitas dan relevan dengan perkembangan global.

Dengan semangat baru dan wawasan yang diperluas melalui pelatihan ini, para guru MIN 1 PARIAMAN diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut. Universitas Andalas akan terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan di daerah dan menciptakan sinergi yang positif antara perguruan tinggi dan masyarakat.